• Selasa, 7 Februari 2023

Kesehatan: Saat Berolahrarga Seberapa Perlu Minuman Energi, Coba Simak Penjelasan Berikut

- Minggu, 15 Januari 2023 | 21:43 WIB
Ilustrasi minuman energi (Pixabay)
Ilustrasi minuman energi (Pixabay)

MAUNG BANDUNG - Berolahraga tubuh mengalami pembakaran akan secara otomatis akan mengeluarkan keringat tentu rasa haus pasti akan tubuh pun membutuhkan air minum untuk menyegarkan kembali, namun bagaimana bila aktifitas olahraga tersebut dengan menkonsumsi minuman energi?

Minum air yang cukup sangat penting untuk fungsi sel dan sistem kekebalan tubuh karena air dapat membantu mengatur suhu tubuh, melancarkan sendi, organ, dan jaringan tubuh.
 
Tetapi selama melakukan aktivitas olahraga yang intens, tubuh sering membutuhkan lebih dari sekadar air putih untuk kinerja yang optimal.

Baca Juga: IB Mengambil Langkah Seribu Sebagai Waketum PSSI Demi Ini Yang Menjadi Alasan Mendasarnya

Director, Sport Performance and Education, Herbalife Nutrition Dana Ryan dalam siaran pers dikutip Kamis (19/8/21) yang dikutip kembali Maung Bandung dari Antara, mengatakan saat melakukan olahraga tubuh membutuhkan lebih banyak asupan cairan.

"Ketika berolahraga tanpa minum cukup cairan, mungkin akan mengalami beberapa gejala dehidrasi seperti sakit kepala, mulut kering, tubuh lemas, dan kelelahan otot atau kram. Dehidrasi dapat menguras mental dan fisik, membatasi aktivitas yang dapat Anda lakukan," kata Dana.

Direkomendasikan, seseorang mengkonsumsi delapan gelas per hari namun patut mempertimbangkan usia, ukuran, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik untuk menentukan berapa banyak air yang harus diminum.

Baca Juga: PROLIGA : Jakarta Bhayangkara Presisi Petik Kemenangan di Hari Penutup, Kudus Sukun Badak Kian Tenggelam

"Misalnya, seorang atlet saat melakukan latihan membutuhkan lebih banyak air daripada orang yang menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak," katanya.

Meskipun konsumsi air menjadi prioritas utama, ada kalanya tubuh membutuhkan tambahan gula dan elektrolit untuk mempertahankan tingkat energi dan status hidrasi selama berolahraga.

Halaman:

Editor: Dali Hidayah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kesehatan: Setelah Pandemi Olahraga Jadi Tren

Jumat, 16 Desember 2022 | 21:17 WIB
X